Langsung ke konten utama

Manfaat Buah Pepaya




Saat ini siapa yang tidak kenal dengan buah Pepaya. Tanaman yang satu ini tumbuh subur di seluruh Indonesia membuatnya menjadi buah yang mudah ditemui di mana pun kita berada. Selain harganya murah, buah ini juga punya rasa manis yang menyegarkan walaupun saat ini popularitasnya sudah kalah dengan buah-buah lain. Orang-orang generasi tahun 50an juga yakin buah pepaya adalah buah yang paling baik untuk tubuh. Manfaatnya yang terkenal adalah sebagai pelancar buang air besar, namun di balik itu semua ada banyak manfaat pepaya yang belum kita ketahui. 
Berikut ini adalah berbagai keuntungan makan pepaya :
Pembersih colon

Tidak hanya melancarkan buang air besar, pepaya juga berfungsi membersihkan colon Anda. Dengan serat dan kandungan anti-oksidan yang dimiliki papaya, racun penyebab kanker kolon akan diserap dan dibawa keluar dari perut Anda. Jadi pepaya ini baik sekali untuk mencegah kanker usus besar. Resepnya mudah saja, minum 150 ml jus pepaya, jus timun dan jus kacang hijau secara bergantian selama 12 jam.
Pencegah stroke dan penyakit jantung

Kolesterol yang teroksidasi membentuk plak di dinding pembuluh darah dan
menyebabkan penyakit jantung atau stroke. Kandungan antioksidan dalam pepaya mencegah kolesterol teroksidasi sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya dua penyakit tersebut. Selain itu, serat dalam pepaya juga memiliki fungsi ganda yaitu menurunkan kolesterol dan juga mengubah homocysteine menjadi asam amino yang jinak sehingga bisa diproses oleh tubuh. Tanpa proses ini, homocysteine bisa melukai dinding pembuluh darah dan menyebabkan stroke atau serangan jantung.
Pereda radang

Para tua-tua sering mengatakan ‘pepaya baik untuk panas dalam’. Hasil penelitian menunjukkan, pepaya mempunyai kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat ini juga bisa untuk menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis, dan berbagai penyakit kulit lainnya.
Solusi masalah pencernaan

Pepaya adalah sumber dari enzim proteolitik yang sangat penting dalam pencernaan protein di tubuh manusia. Papain, nama enzim ini, membantu penyerapan makanan yang lebih baik pada orang-orang yang bermasalah di kondisi pankreas, pendarahan di bagian pencernaan dan masalah pencernaan lainnya. Papain biasanya diekstrak dan bisa didapatkan sudah dalam bentuk kapsul siap minum.
Meningkatkan kejantanan

Selain papain, pepaya juga mengandung enzim yang disebut arginine yang efektif mendongkrak aliran darah di sekitar penis. Prosesnya, arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah penis sehingga bisa membesar dan memperlancar aliran darah di area penis. Bentuk konsentrat dari arginine juga digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi.
Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam pepaya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai masalah kulit, seperti flek dan keriput. Pepaya yang kaya vitamin C, A dan E juga baik untuk kesehatan kulit Anda dan juga efektif membuat kulit kusam kembali cerah sehingga Anda nampak selalu segar. Selain itu, pencernaan yang sehat juga menghasilkan kulit yang berseri indah karena racun-racun dalam tubuh penyebab berbagai masalah kulit bisa dikeluarkan oleh kandungan serat dalam pepaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DEFINISI KEPEMIMPINAN

Apakah kepemimpinan itu? Berbagai definisi telah disusun oleh banyak ahli, namun pada umumnya hanya terbagi menjadi 2 (dua) bagian saja, yaitu yang memandang kepemimpinan sebagai PROSES dan kepemimpinan sebagai SENI. 1. Kepemimpinan sebagai PROSES (a) Kepemimpinan adalah “suatu proses yang kompleks dimana seseorang mempengaruhi orang-orang lain untuk menunaikan suatu misi, tugas, atau tujuan dan mengarahkan organisasi yang membuatnya lebih kohesif dan koheren." Mereka yang memegang jabatan sebagai pemimpin menerapkan seluruh atribut kepemimpinannya (keyakinan, nilai-nilai, etika, karakter, pengetahuan, dan ketrampilan). Jadi seorang pemimpin berbeda dari majikan, dan berbeda dari manajer. Seorang pemimpin menjadikan orang-orang ingin mencapai tujuan dan sasaran yang tinggi, sedangkan seorang majikan menyuruh orang-orang untuk menunaikan suatu tugas atau mencapai tujuan. Seorang pemimpin melakukan hal-hal yang benar, sedangkan seorang manajer melakukan hal-hal dengan benar  (Lead

Ketika Hidup Harus Memilih

Kata orang sih hidup itu tantangan . yah emang mudah untuk bilang tapi sulit untuk dilakukan, termasuk juga resiko yang akan kita alami apabila melakukan tantangan itu, selain diri sendiri yang pasti kita juga harus mengorbankan sesuatu bahkan seseorang . orang sangat mudah berkata kepada diriku "sudah lepaskan saja" . tapi tidak untukku . aku tidak semudah itu untuk melepaskan . bukan karna sesuatu tapi karna ada hal lain yang mereka tidak mengerti . yah mereka begitu karna aku yakin mereka peduli dengan aku . tapi pada kenyataannya sangat sulit bagiku . Ketika hidup harus memilih, kita tidak tahu apakah yang kita lakukan benar atau tidak, yang pasti semua hasilnya kita tidak akan tahu sebelum mencoba . tapi terpikir di benakku seandainya hasilnya tidak seperti yang aku harapkan, yang terjadi pasti aku bakal merasa jatuh, sangat jatuh karna yang aku lakukan harus mengorbankan sesuatu . yah tidak masalah sih bagaiman jadinya tapi bagaiman cara menjalaninya . semua butuh pro

IP dan keseharian

udah seminggu lebih aku ga masuk kuliah gara2 pulang kampung ke jambi . aku rela minggat seminggu lebih kuliah buat bertemu orang2 yang aku sayangi dan semua ga berujung dengan sia2 . berkat mereka aku merasa berarti dengan keberadaanku . terima kasih (terima kasih mulu nih hehe) hari pertama masuk kuliah aku udah dikasih tau kalo IP sudah keluar, buru2 deh liat IP di internet karna penasaran hehehe :p dengan hati deg2an dan perasaan cemas, langkah demi langah aku jalani, dari log in ke situs dan memilih "RANGKUMAN NILAI" . semakin tak sanggup untuk melihatnya . tapi kuberanikan diri untuk melihat apa hasil yang telah aku lakukan selama satu semester . angan2 ku melayang jauh, membayangkan aku mendapat IP yang bisa membanggakan . menit demi menit, detik demi detik dan akhirnya terbuka apa yang aku cari . di situ tertulis kalo nilai ujian utama aku mendapat nilai ..... ah tak sanggup ku berkata kalo aku mendapat nilai C dan IP ku 2, ga kurang ga lebih . tapi penasar