Kamis, 03 Mei 2012

Teori Pengambilan Keputusan

Pengertian Pengambilan Keputusan


1.Menurut George R. Terry; adalah pemilihan alternatif perilaku (kelakuan tertentu dari dua atau lebih alternatif yang ada)

2.Menurut S.P Siaigan; suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakikat alternatif yang dihadapi dan mengambil tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat.

3.Menurut James A.F. Stoner; proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pemecahan masalah.

Kesimpulan; pengambilan keputusan merupakan suatu proses pemilihan alternatif terbaik dari beberapa alternatif secara sistematis untuk ditindaklanjuti (digunakan sebagai suatu cara pemecahan masalah)

C. Pengertian Teori Pengambilan Keputusan
Adalah teori-teori atau teknik-teknik atau pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam suatu proses pengambilan keputusan.

Ada 3 model dalam pengambilan keputusan:
1. Model pengambilan keputusan dalam keadaan kepastian (certainly). Menggambarkan bahwa setiap rangkaian keputusan hanya mempunyai 1 hasil.

2. Model pengambilan keputusan dalam keadaan berisik (risk). Menggambarkan bahwa setiap rangkaian keputusan mempunyai kemungkinan sejumlah hasil dan masing masing kemungkinan hasil probabilitasnya dapat diketahui.

3. Model pengambilan keputusan dengan ketidakpastian (uncertainly). Menggambarkan bahwa setiap rangkaian keputusan mempunyai sejumlah kemungkinan yang tidak dapat ditentukan.

Contoh Kasus :

Penjual soto hendak memutuskan berapa mangkok soto yang akan diproduksi agar mendapatkan hasil maksimum. Apabila dia memproduksi terlalu banyak maka dia akan rugi karena barang dagangannya tidak laku. Jika dia memproduksi terlalu sedikit dia juga akan mendapatkan rugi karena kurangnya barang yang disediakan. Data yang diperoleh berdasarkan pengamatan data masa lalu, yaitu permintaan dan probabilitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar