Langsung ke konten utama

Sertifikasi Keahlian di bidang IT

Adanya standar kompetensi dibutuhkan untuk memudahkan bagi perusahaan atau institusi untuk menilai kemampuan (skill) calon pegawai atau pegawainya.

Keuntungan sertifikasi

Sertifikasi adalah independen, obyektif, dan tugas yang regular bagi kepentingan

profesional dalam satu atau lebih area di teknologi informasi. Sertifikasi ini memiliki tujuan untuk :

- Membentuk tenaga praktisi TI yang berkualitas tinggi,
- Membentuk standar kerja TI yang tinggi,
- Pengembangan profesional yang berkesinambungan.

Jenis sertifikasi

Pada dasarnya ada 2 jenis sertikasi yang umum dikenal di masyarakat

- Sertifikasi akademik (sebetulnya tidak tepat disebut sertifikasi) yang memberiakn gelar, Sarjana, Master dll
- Sertifikasi profesi. Yaitu suatu sertifikasi yang diberikan berdasarkan keahlian tertentu untuk profesi tertentu.
Sertifikasi Nasional 

Ada dua jenis sertifikat yang diterbitkan oleh LSP Telematika, yaitu Certificate of Competence dan Certificate of Attainment.

- Certificate of Competence
Yaitu sertifikasi berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Certificate of Competence merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja

- Certificate of Attainment
yaitu sertifikasi atas unit kompetensi yang jenjang jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar.

Sertifikasi Internasional 

Berikut ini adalah contoh sertifikasi internasional

A. Sertifikasi untuk Bahasa Pemrograman

Java

Sun Certified Web Component Developer (SCWCD)
Sun Certified Business Component Developer (SCBCD)
Sun Certified Developer for Java Web Services (SCDJWS)
Sun Certified Mobile Application Developer untuk platform J2ME (SCMAD).
Microsoft.Net

Microsoft Certification Application Developer (MCAD)
Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).

B. Sertifikasi untuk Database

Oracle

Oracle Certified DBA adalah sertifikasi yang menguji penguasaan teknologi dan solusi Oracle dalam menjalankan peran sebagai administrator database. Pada jalur sertifikasi ini terdapat tiga jenjang sertifikasi berikut:
Oracle Certified DBA Associate
Oracle Certified DBA Professional
Oracle Certified DBA Master
Microsoft

Microsoft Certified DBA, adalah sertifikasi yang diberikan sebagai pengakuan kemampuan merancang, mengimplementasi, dan melakukan administrasi database Microsoft SQl Server.

C. Sertifikasi untuk Office

Sertifikasi Microsoft Office Specialist (Office Specialist) adalah sertifikasi premium untuk aplikasi desktop Microsoft.
Sertifikasi Office Specialist untuk Microsoft Project, difokuskan pada kemampuan menggunakan berbagai toolMicrosoft Project dalam pelaksanaan berbagai tahapan proyek, seperti perencanaan proyek, kustomisasi grafik dan laporan kemajuan proyek, dan memfasilitasi berbagai kegiatan kolaborasi dan komunikasi tim.

D. Sertifikasi di Bidang Jaringan

Cisco

Cisco memiliki tiga jenjang sertifikasi, yaitu Associate, Professional, dan Expert. Jenjang sertifikasi Cisco secara umum meliputi:

- Cisco Certified Network Associate (CCNA)

- Cisco Certified Network Professional (CCNP)

- Cisco Certified Internetworking Expert.(CCIE)

Selain tiga jenjang umum tersebut, Cisco juga memiliki jalur spesialisasi, seperti network design, security, dan business networking. Beberapa jenis sertifikasi untuk jalur spesialisasi ini di antaranya adalah:

- Cisco Certified Designing Associate (CCDA)

- Cisco Certified Designing Professional (CCDP)

- Cisco Security Specialist 1 (CSS1)


E. Sertifikasi di Bidang Computer Graphics dan Multimedia

ACE (Adobe Certified Expert). ACE ditujukan untuk para Graphics Designer, Web Designer, Developer, dan profesional bisnis yang ingin menunjukkan kemampuan mereka dalam memahami produk Adobe.
Certified Macromedia Flash MX Developer
Certified Macromedia Flash MX Designer
Certified ColdFusion MX Developer
Certified Dreamweaver MX Developer
Certified Internet Web Master

CIW Associates. CIW Associates adalah sertifikasi yang menguji penguasaan dasar teknologi Internet, seperti Web browser, FTP dan e-mail, Web page authoring menggunakan XHTML, dasar-dasar infrastuktur jaringan, dan manajemen proyek. Sertifikasi ini ditujukan bagi mereka yang bekerja sebagai business development, advertising, dan sales.


F. Sertifikasi Manajemen dan Audit

Sertifikasi yang diberikan sebagai bentuk pengakuan profesionalitas di bidang Management dan Audit, antara lain :
CISA (Certified Information Systems Auditor)
CISM (Certified Information Security Manager)
CISSP (Certified IS Security Professional)
CIA (Certified Internal Auditor)

Sumber
Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DEFINISI KEPEMIMPINAN

Apakah kepemimpinan itu? Berbagai definisi telah disusun oleh banyak ahli, namun pada umumnya hanya terbagi menjadi 2 (dua) bagian saja, yaitu yang memandang kepemimpinan sebagai PROSES dan kepemimpinan sebagai SENI. 1. Kepemimpinan sebagai PROSES (a) Kepemimpinan adalah “suatu proses yang kompleks dimana seseorang mempengaruhi orang-orang lain untuk menunaikan suatu misi, tugas, atau tujuan dan mengarahkan organisasi yang membuatnya lebih kohesif dan koheren." Mereka yang memegang jabatan sebagai pemimpin menerapkan seluruh atribut kepemimpinannya (keyakinan, nilai-nilai, etika, karakter, pengetahuan, dan ketrampilan). Jadi seorang pemimpin berbeda dari majikan, dan berbeda dari manajer. Seorang pemimpin menjadikan orang-orang ingin mencapai tujuan dan sasaran yang tinggi, sedangkan seorang majikan menyuruh orang-orang untuk menunaikan suatu tugas atau mencapai tujuan. Seorang pemimpin melakukan hal-hal yang benar, sedangkan seorang manajer melakukan hal-hal dengan benar  (Lead

Ketika Hidup Harus Memilih

Kata orang sih hidup itu tantangan . yah emang mudah untuk bilang tapi sulit untuk dilakukan, termasuk juga resiko yang akan kita alami apabila melakukan tantangan itu, selain diri sendiri yang pasti kita juga harus mengorbankan sesuatu bahkan seseorang . orang sangat mudah berkata kepada diriku "sudah lepaskan saja" . tapi tidak untukku . aku tidak semudah itu untuk melepaskan . bukan karna sesuatu tapi karna ada hal lain yang mereka tidak mengerti . yah mereka begitu karna aku yakin mereka peduli dengan aku . tapi pada kenyataannya sangat sulit bagiku . Ketika hidup harus memilih, kita tidak tahu apakah yang kita lakukan benar atau tidak, yang pasti semua hasilnya kita tidak akan tahu sebelum mencoba . tapi terpikir di benakku seandainya hasilnya tidak seperti yang aku harapkan, yang terjadi pasti aku bakal merasa jatuh, sangat jatuh karna yang aku lakukan harus mengorbankan sesuatu . yah tidak masalah sih bagaiman jadinya tapi bagaiman cara menjalaninya . semua butuh pro

IP dan keseharian

udah seminggu lebih aku ga masuk kuliah gara2 pulang kampung ke jambi . aku rela minggat seminggu lebih kuliah buat bertemu orang2 yang aku sayangi dan semua ga berujung dengan sia2 . berkat mereka aku merasa berarti dengan keberadaanku . terima kasih (terima kasih mulu nih hehe) hari pertama masuk kuliah aku udah dikasih tau kalo IP sudah keluar, buru2 deh liat IP di internet karna penasaran hehehe :p dengan hati deg2an dan perasaan cemas, langkah demi langah aku jalani, dari log in ke situs dan memilih "RANGKUMAN NILAI" . semakin tak sanggup untuk melihatnya . tapi kuberanikan diri untuk melihat apa hasil yang telah aku lakukan selama satu semester . angan2 ku melayang jauh, membayangkan aku mendapat IP yang bisa membanggakan . menit demi menit, detik demi detik dan akhirnya terbuka apa yang aku cari . di situ tertulis kalo nilai ujian utama aku mendapat nilai ..... ah tak sanggup ku berkata kalo aku mendapat nilai C dan IP ku 2, ga kurang ga lebih . tapi penasar